Pertamina EP Field Sangasanga Memberikan 300 Kg Bibit Padi Kepada Petani.

Posted: March 15, 2011 in Uncategorized

Sangasanga, 7 Maret 2011
Pertamina EP Field Sangasanga memberikan bantuan bibit padi jenis IR 64 sebanyak 300 kilogram kepada Kelompok Tani Makmur Desa Sungai Bogem, Kelurahan Jawa, Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kertanegara. Bibit padi dibagikan kepada 15 orang petani dan akan ditanam pada lahan seluas 8 hektar.

“Sangasanga memiliki potensi besar dibidang pertanian karena wilayahnya terdapat banyak anak sungai yang berfungsi untuk pengairan. Sejak awal Pertamian EP Field Sangasanga melihat ini sebagai suatu peluang usaha yang dapat dikembangkan oleh masyarakat sekitar, sehingga bantuan yang diberikan pada tahap awal lalu adalah pembuatan sistem irigasi persawahan. Dengan sistem pengaturan air yang baik, harapanya pada lahan ini akan dimanfaatkan untuk persawahan, pertanian dan perikanan. Bantuan akan diberikan secara simultan dengan pengawasan secara berkala, sehingga kendala dilapangan akan dapat diselesaikan dengan cepat. Dengan demikian para petani dapat segera merasakan hasilnya usahanya”, kata Field Manager Sangasanga, Ali Rochmat saat menyerahkan bibit padi kepada Poniran, Ketua Kelompok Tani Makmur yang disaksikan langsung oleh Sekretaris Kecamatan Sangasanga, Lurah dan Kepala Cabang Dinas Pertanian Sangasanga. Ali juga berharap semoga hubungan kemitraan antara Pertamina EP Field Sangasanga, Kecamatan Sangasanga dan para petani agar terus terbina baik sehingga kedepannya masyarakat akan lebih produktif dan memiliki perekonomian yang mandiri.

Camat Sangasanga melalui Abdul Rivai, S.Sos, Sekretaris Kecamatan menyampaikan agar keberhasilan dari project ini nantinya harus menjadi contoh bagi perusahaaan-perusahaan lain yang beroperasi di Wilayah Sangasanga. Kemudian kedepanya Camat sangat mengharapkan pada panen perdana agar dapat dipublikasikan dan mengundang masyarakat umum, sehingga akan merangsang kelompok tani yang lainya untuk melakukan hal yang sama. Senada dengan itu, Kasianto, SE, Kepala Cabang Dinas Pertanian Sangasanga bersedia ikut berpartisipasi dalam memberikan penyuluhan dan praktek teknis penanaman padi baik mulai proses penyemaian sampai panen nantinya. Kasianto, SE juga meminta kepada Pertamina EP Field Sangasanga agar bantuan seperti ini dapat juga diberikan kebeberapa kelompok tani lainnya yang berada di Wilayah Kelurahan Muara.

“Pada awalnya para petani Desa Sungai Bogem hanya mengandalkan air dari sungai dan hujan untuk pengairan persawahan sehingga hasil panen tidak maksimal sebagai akibat belum adanya sistem pengaturan air yang baik. Karena hasil panen yang buruk membuat beberapa petani berhenti menggarap sawah dan beralih profesi menjadi buruh tambang batubara. Namun kondisi mulai membaik sejak Pertamian EP Field Sangasanga memberikan bantuan pembuatan irigasi di wilayah ini, beberapa petani sudah kembali menggarap sawah. Dengan irigasi yang baik, selain menggarap sawah, petani juga mulai memanfaatkan air untuk mengembangkan usahanya ke sektor perikanan dan perkebunan pepaya”, kata Poniran, Ketua Kelompok Tani Makmur ketika memberi makan Ikan Mas ditambak seluas 800 m2 miliknya.

Setelah pemberian bibit padi, untuk tahap selanjutnya Pertamina EP Field Sangasanga akan memberikan bantuan kapur sebanyak 3 ton kepada petani. Kapur berfungsi untuk mengurai unsur hara pada tanah dan menurunkan keasaman tanah. Kegiatan ini adalah project jangka panjang Pertamina EP Field Sangasanga dalam usaha pengembangan berkelanjutan pada sektor perekonomian masyarakat sekitar.

http://www.pertamina-ep.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s