Pemain Qasidah, Busana dan Pertunjukan

Posted: March 21, 2011 in Uncategorized

Pemain Qasidah, Busana dan Pertunjukan

Pemain Qasidah sedikitnya ada 8 orang, dan mereka terdiri atas:
3 orang pemegang rebana kecil yang berfungsi sebagai melodi atau pengatur lagu.
4 orang pemegang rebana besar; dari rebana ke-4 hingga ke-7 ukurannya bertambahbesar, sehingga rebana ke-7 merupakan yang paling besar.
1 orang pembawa alat musik kecrek yang bertugas mengiringi tabuhan ke-7 rebanatersebut.

Rebana besar ini adalah sebagai pengiring lagu. Dan dapat pula ditambah dengan alatseni lainnya tergantung pada senimannya itu sendiri. Adapun penyanyi bisa secara khusus sebagai penyanyi yang tidak memegang rebana, atau bisa pula para pemegang rebana Namun pada umumnya penyanyi adalah pemegang ke-3 rebana kecil. Dan dalampenampilannya ke-7 seniman qasidah ini biasanya mereka dituntut untuk dapat bernyanyitoor. Sedangkan penabuh kecrek biasanya tidak tampil sebagai penyanyi tunggal,ugasnya hanyalah menyelaraskan irama tabuhan rebana dengan kecrek saja.

Pemain Qasidah mengenakan busana muslim seragam dengan warna-warni yangmencolok, jika wanita. Sedangkan jika pria biasanya memakai baju koko lengkap denganpecinya. Namun ada pula seniman pria yang menggunakan jas dengan peci hitam, danada pula seragam wanitanya yang menggunakan kebaya panjang dengan kerudung yangmenutup seluruh kepala. Sekarang penggunaan busana para seniman qasidah lebihsemarak dan disesuaikan dengan perkembangan busana saat Mi. Yang penting, ketentuan busana muslim yang menutup seluruh bagian tubuh wanita sesuai ketentuan agama Islam, sedang busana pria tidak sebagaimana pada busana wanita. Busana ria cukup dengan baju koko dan peci saja.

Pertunjukan Qasidah hampir sama dengan pertunjukan seni suara dan musik lainnyaseperti musik populer dan dangdut, yakni menampilkan sederetan lagu yang telahdipersiapkan pemain maupun memenuhi permintaan lagi dari penonton. Namun padapertunjukan qasidah pria ada pula yang diselingi dengan humor diantara pertunjukan lagu-lagu.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s